Inilah Ciri-Ciri Penyakit Campak Yang Harus Diwaspadai

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Campak Yang Harus Diwaspadai

Campak merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak. Inilah Ciri-Ciri Penyakit Campak Yang Harus Diwaspadai. Dan buat para orang tua, waspadalah dengan penyakit campak ini yang bisa menyerang anak anda. Begitu juga dengan orang dewasa maupun orang tua, karena penyakit campak ini tidak hanya bisa menyerang anak-anak saja, tapi juga orang dewasa.

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Campak Yang Harus Diwaspadai

Campak sering kali membuat khawatir banyak orang, terutama bagi mereka yang belum pernah merasakannya. Campak atau tampek (Jawa) merupakan infeksi virus yang menyebabkan timbulnya ruam pada kulit. Penyakit ini sangat menular. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan selama ruam kulit ada. Campak biasa menyerang pada anak-anak usia pra-sekolah dan anak-anak SD. Jika seseorang pernah menderita campak, maka seumur hidupnya dia akan kebal terhadap penyakit ini.

Campak atau tampek disebabkan oleh infeksi virus paramixovirus yang hidup dan menyebar melalui udara. Namun, jenis penyakit ini sering pula disebut sebagai rubeola atau campak merah. Anda perlu waspada terhadap penderita campak karena sifatnya sangat agresif atau mudah menyebar.

Sebaiknya, hindari dulu kontak langsung dengan penderita campak untuk sementara waktu. Terlebih saat mereka sedang bersin atau batuk. Cairan atau lendir yang keluar dari tubuh penderita akan menyebar di udara dan menginfeksi setiap orang yang menghirupnya.

Sekalipun saat bersin atau batuk anda telah menghindar, tetapi virus ini  dapat bertahan di berbagai permukaan objek selama beberapa jam. Maka dari itu, penyakit ini lebih mudah menginfeksi balita dan orang dengan kondisi sistem imun yang lemah, terutama orang-orang yang belum pernah terinfeksi campak.

Apabila penderita mengalami komplikasi, akan berdampak sangat serius pada kesehatan. Komplikasi tersebut dapat berupa radang telinga, bronchitis, infeksi paru-paru, hingga infeksi otak. Berhati-hatilah jika anda memiliki bayi berusia di bawah 1 tahun dan terkena penyakit campak. Sebab, risiko komplikasinya jauh lebih besar ketimbang usia dewasa. Hal ini disebabkan sistem imun bayi masih lemah.

Selain itu, anak-anak, orang dewasa dengan penyakit kronis, dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah juga perlu waspada akan penyakit ini. Pasalnya, risiko komplikasi serius juga dapat dialami oleh mereka. Meski begitu, sebaiknya semua orang tetap harus waspada terhadap penyakit campak.

Lalu seperti apa ciri-ciri penyakit campak ini?

Melihat dampak penyakit campak yang bisa mengancam kesehatan dengan serius, karenanya anda harus mampu mengenali ciri-ciri penyakit campak, agar dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Ciri-ciri penyakit campak yang umumnya sering dirasakan oleh penderitanya antara lain :

  • Demam tinggi.
  • Mulut dan bibir kering.
  • Radang tenggorokan.
  • Sakit kepala.
  • Menurunnya selera makan.
  • Perut terasa perih dan mual.
  • Muncul bercak merah di mulai dari bagian wajah kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Perlu diketahui, ruam campak muncul paling lambat empat hari setelah gejala pertama muncul, dan bertahan sekitar tujuh hari. Awalnya akan muncul dari belakang telinga, kemudian menyebar ke kepala dan leher, hingga akhirnya ke seluruh tubuh. Bercak-bercak yang tadinya berukuran kecil akan membesar dengan cepat, hingga pada akhirnya menyatu.

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Campak Yang Harus Diwaspadai yang sudah disebutkan di atas. Untuk itu, waspadai ciri-ciri penyakit campak di atas, dan segeralah periksakan diri ke dokter jika anak anda ataupun anda sendiri mengalami gejala seperti ciri-ciri penyakit campak tersebut.

Posted by : Admin CARA MENGHILANGKAN BERCAK PUTIH

 

Baca artikel menarik lainnya :

One Reply to “Inilah Ciri-Ciri Penyakit Campak Yang Harus Diwaspadai”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *