Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Ginjal bocor merupakan salah satu penyakit ginjal yang cukup sering mendera. Oleh karena itu, anda patut mewaspadai kehadirannya. Salah satunya adalah dengan mengenali seperti apa ciri-ciri dari penyakit tersebut.

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Ciri-ciri ginjal bocor merupakan sebuah acuan yang digunakan untuk mengetahui atau mendeteksi adanya penyakit ginjal bocor yang mendera, yaitu terjadi kebocoran pada ginjal, atau dalam istilah kedokterannya disebut sindrom nefrotik.

Setiap orang perlu untuk mengetahui dan mengenai ciri-ciri penyakit ginjal bocor ini, agar jika suatu waktu mengalami hal yang serupa dengan ciri-ciri tersebut, maka bisa segera melakukan tindakan tepat untuk melakukan penanganannya, minimal dengan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan anda, sebelum kondisinya bertambah parah.

Pada kesempatan ini, kami akan berbagai pengetahuan mengenai ciri-ciri penyakit ginjal bocor. Namun sebelumnya, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai definisi atau pengertian dari ginjal bocor itu sendiri, beserta penyebabnya. Untuk menambah pengetahuan. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Pengertian Ginjal Bocor

Ginjal bocor pada dasarnya bukanlah sebuah penyakit, namun lebih tepatnya adalah kumpulan tanda-tanda dan gejala yang sering menyertai berbagai penyakit yang mempengaruhi fungsi dari penyaringan glomerulus ginjal. Ginjal bocor juga merupakan istilah yang sering disebutkan oleh banyak orang, yang mana dalam istilah kedokterannya disebut Sindroma Nefrotik.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Eksim

Istilah ginjal bocor mengacu pada kondisi dari ginjal yang mengalami kebocoran akibat sel-selnya yang mengalami penurunan fungsi dalam menghambat keluarnya protein (albumin) dari tubuh. Pasalnya, salah satu fungsi dari ginjal memang sebagai alat untuk menyaring (filtrasi) terhadap protein yang seharusnya tidak keluar melalui ginjal. Nah, pada kasus ginjal bocor ini, protein justru malah menerobos keluar dari ginjal, sehingga disebutlah dengan istilah ginjal bocor.

Kelainan ginjal bocor bisa terjadi pada siapa saja, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Yang mana pada anak-anak, ginjal bocor dapat terjadi di usia 18 bulan sampai 4 tahun, dan kasusnya lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan. Sebagian besar anak-anak menderita bentuk sindrom nefrosis yang disebut Minimal Change Disease, yaitu penyakit dengan perubahan minimal. Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Penyebab Ginjal Bocor

Penyebab ginjal bocor belum dapat diketahui secara pasti sampai saat ini. Namun, para ahli meyakini bahwa ginjal bocor ditenggarai oleh gangguan imunitas, atau disebut dengan penyakit autoimun. Di mana ada ketidakcocokan antar satu sel dengan sel lain pada ginjal, sehingga terjadilah pertarungan yang mengakibatkan ada sebagian sel ginjal yang rusak. Akibatnya salah satu fungsi dari ginjal jadi terganggu, dan protein yang seharusnya tidak keluar melalui ginjal malah menerobos keluar dari ginjal, sehingga disebutlah dengan istilah ginjal bocor.

Selain itu, ginjal bocor juga ditenggarai terjadi akibat mengidap penyakit diabetes, malaria, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Lalu apa saja ciri-ciri dari ginjal bocor ini??

Beberapa gejala berikut ini merupakan ciri-ciri yang menandakan seseorang mengalami ginjal bocor, diantaranya adalah :

  • Pada anak bisa terjadi penurunan tekanan darah ketika sedang berdiri.
  • Malas makan, karena nafsu makan menjadi berkurang.
  • Kekurangan nutrisi akibat hilangnya zat gizi, sehingga pertumbuhan bisa terhambat.
  • Perut membengkak akibat kekurangan protein, seperti mengalami busung lapar.
  • Terjadi peradangan pada lapisan perut, di karenakan adanya infeksi di daerah perut. Infeksi ini diduga karena hilangnya antibodi yang keluar bersama urin, dan lain lain.
  • Air kencing (urin) berbusa.
  • Saat buang air kecil, air kencing yang keluar akan lebih sedikit dari biasanya.
  • Mengalami pembengkakan pada kelopak mata dan kaki.
  • Massa otot menyusut.
  • Mengalami sesak nafas akibat penimbunan cairan di rongga sekitar paru-paru.
  • Lutut dan kantong zakar (pada pria) mengalami pembengkakan.

Nah, itulah ciri-ciri dari penyakit ginjal bocor yang harus anda ketahui. Ciri-ciri tersebut memang sering muncul dan dialami sebagai pertanda adanya penyakit ginjal bocor yang menyerang. Dengan mengenali ciri-ciri penyakit ginjal bocor tersebut, diharapkan anda bisa segera tanggap untuk melakukan tindakan penanganan jika suatu saat mengalami hal serupa dengan gejala atau ciri-ciri ginjal bocor tersebut. Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Baca Juga : Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Alzheimer

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *