Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!

Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!

Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini! Kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri penyakit endometriosis yang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu kaum wanita meski tidak berbahaya dan mematikan. Mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!

Endometriosis berasal dari kata endometrium, yaitu jaringan yang melapisi dinding rahim. Penyakit endometriosis ini merupakan sebuah penyakit di mana endometrium tumbuh di luar rahim. Lokasi tumbuhnya beragam, bisa di ovarium, di tuba falopi, di jaringan yang menunjang uterus, di daerah antara vagina dan rektum, bahkan bisa juga di kandung kemih.

Endometriosis bisa mengakibatkan terjadinya kista pada ovarium yang disebut kista endometrioma. Jika itu terjadi, jaringan di sekitarnya bisa ikut cedera dan membentuk jaringan parut, yang akibatnya membuat organ lengket dan saling menempel.

Endometriosis juga dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita, serta sakit luar biasa saat haid. Penyakit ini juga bisa mempengaruhi indung telur, usus, serta jaringan pada tulang panggul. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seperti apa gejala atau ciri-ciri penyakit endometriosis ini.

Nah buat para wanita, berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit endometriosis yang harus anda ketahui dan harus anda waspadai, di antaranya adalah :

  • Sakit yang luar biasa saat haid

Jika anda menderita penyakit ini, anda akan mengalami sakit yang luar biasa saat haid. Dan sakitnya tidak berkurang meski sudah minum obat. Rasa sakitnya juga bisa menyebar hingga ke punggung dan menyebabkan kram parah di perut hingga membuat anda tidak sanggup untuk bergerak sama sekali. Biasanya, sakit yang luar biasa ini akan muncul sebelum haid hingga beberapa hari setelah haid.

  • Sakit saat buang air kecil dan buang air besar

Endometriosis terkadang mempengaruhi sistem sekresi di usus. Akibatnya, terjadi pembengkakan di area usus dan kandung kemih. Dan hal tersebut membuat anda merasakan sakit saat buang air kecil maupun buang air besar. Endometriosis juga bisa menyebabkan sembelit dan diare disertai darah pada urin dan juga feses.

  • Sakit saat berhubungan seksual

Pengidap endometriosis juga bisa merasakan sakit saat berhubungan seksual. Sakit ini bergantung pada letak endometriosis. Jika endometriosis terjadi di belakang vagina dan di bagian terendah rahim yang mempengaruhi saraf atau ikatan di rahim, penderitanya akan mengalami sakit luar biasa saat penetrasi seksual. Sementara pada kasus yang parah, penderita bisa merasakan sakit meski sudah selesai berhubungan seksual, bahkan hingga beberapa hari setelahnya.

  • Perdarahan

Endometriosis bisa menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan hebat saat haid. Seringkali, darah yang keluar mengandung gumpalan sehingga anda terpaksa mengganti pembalut lebih sering karena banyaknya darah yang keluar. Selain itu, perdarahan juga bisa terjadi di luar haid.

  • Mual dan mudah merasa lelah

Pengidap endometriosis juga mengalami gejala berupa kelelahan luar biasa dan rasa mual hingga muntah-muntah sebelum haid datang.

  • Subfertilitas atau susah hamil

Menurut sebuah penelitian, endometriosis bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Sering terjadi, seorang wanita tidak tahu bahwa dirinya menderita penyakit ini hingga ia menyadari bahwa dirinya susah hamil dan memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beragam gejala atau ciri-ciri penyakit endometriosis yang harus anda ketahui. Selain itu, gejala endometriosis yang bisa terjadi adalah :

  • Sakit yang luar biasa pada perut bagian bawah.
  • Sakit di sekitar pinggul.
  • Sakit di bagian punggung.
  • Gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, sembelit, dan mual terutama pada saat haid.

Ciri-ciri alias gejala penyakit endometriosis ini sebenarnya bervariasi tergantung pada letak di mana tumbuhnya jaringan endometrium, misalnya di ovarium, dinding luar rahim, atau vagina. Sehingga perlu diketahui bahwa dampak endometriosis berbeda-beda pada tiap penderitanya. Karena itu, sangat penting memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala di atas.

Jadi Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini! yang sudah disebutkan di atas. Nah, untuk itu buat anda para wanita, kenalilah gejala-gejala atau ciri-ciri penyakit endometriosis di atas, agar jika suatu saat anda mengalami hal serupa, anda bisa segera memeriksakannya ke dokter.

Semoga informasinya bermanfaat dan membantu, aamiin.

Posted by : Admin CARA MENGHILANGKAN BERCAK PUTIH

 

Baca artikel menarik lainnya :

Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?
Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?
Waspadalah Dengan Ciri-Ciri Penyakit Tumor Otak!
Waspadalah Dengan Ciri-Ciri Penyakit Tumor Otak!
Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Leukimia Pada Anak?
Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Leukimia Pada Anak?
Waspadai Ciri-Ciri Kanker Serviks Berikut Ini !
Waspadai Ciri-Ciri Kanker Serviks Berikut Ini !
Faktor Apa Saja Yang Meningkatkan Risiko Terkena Kista Ovarium?

One Reply to “Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *