Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma

Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma

Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma

Mata anda mengalami masalah? Hati-hati, jangan pernah biarkan masalah mata anda begitu saja, karena ada banyak penyakit yang dapat terjadi pada mata, bahkan beberapanya sulit disembuhkan. Segera periksakan ke dokter jika anda mengalami masalah pada mata anda. Salah satu penyakit mata yang perlu anda waspadai adalah penyakit mata Glaukoma. Bagaimanakan ciri-cirinya ? Mari kita mengenal lebih dekat penyakit mata yang satu ini !

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Glaukoma adalah gangguan kesehatan pada mata akibat adanya kerusakan saraf, sehingga mata tidak dapat melihat dengan benar atau bahkan mengalami kebutaan. Pada umumnya penyakit mata glaukoma ini disebabkan oleh tingginya tekanan dalam bola mata. Saraf mata merupakan kumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak. Jika saraf mata rusak, maka sinyal yang bertugas untuk meneruskan apa yang dilihat ke otak jadi terganggu. Secara perlahan, kondisi ini membuat penglihatan jadi hilang atau mengalami kebutaan.

Penyakit mata glaukoma ini ada beberapa jenisnya. Glaukoma dibedakan menjadi glaukoma sudut terbuka, glaukoma sudut tertutup, glaukoma kongenital, glaukoma sekunder, glaukoma tekanan normal, dan pigmentary glaucoma. Dari semua jenis glaukoma tersebut yang paling sering terjadi adalah glaukoma sudut terbuka.

Menurut WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit mata glaukoma merupakan penyebab kedua kebutaan terbesar di seluruh dunia setelah penyakit mata katarak. Di Indonesia sendiri, prevalensi penderita glaukoma pada tahun 2007 mencapai 4,6 per 1000 penduduk, berdasarkan data yang didapat oleh Kementrian Kesehatan.

Penyebab Glaukoma

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyakit glaukoma ini umumnya disebabkan oleh adanya tekanan yang meningkat pada mata (tekanan intraokular). Peningkatan tekanan tersebut bisa karena produksi cairan mata yang berlebihan, atau bisa juga disebabkan karena saluran pembuangan cairan tersebut yang terhalang. Tekanan pada mata dapat merusak serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak. Hingga saat ini, belum diketahui juga mengapa produksi cairan mata bisa berlebihan dan belum diketahui juga mengapa saluran pembuangannya bisa tersumbat.

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Jenis Glaukoma

Sebelumnya sudah disebutkan juga jenis-jenis penyakit mata glaukoma, namun diantara beberapa jenis glaukoma yang paling umum terjadi hanya dua jenis saja, yaitu glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup.

Pada kasus glaukoma sudut terbuka, struktur mata tampak normal namun pada saluran mata yang disebut trabecular meshwork mengalami masalah, di mana masalah tersebut menyebabkan cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik.

Sedangkan pada kasus glaukoma sudut tertutup, tekanan yang terjadi di dalam mata disebabkan oleh drainase yang buruk akibat kanal pembuangan terhalang oleh sempitnya sudut antara kornea dan iris. Glaukoma sudut tertutup ini lebih banyak ditemukan di negara-negara asia.

Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma, – Selain dua jenis di atas, penyakit mata glaukoma lainnya seperti telah disebutkan adalah glaukoma kongenital dan glaukoma sekunder. Glaukoma kongenital disebabkan oleh kelainan mata bawaan, di mana glaukoma kongenital ini diderita oleh anak-anak. Sedangkan glaukoma sekunder disebabkan oleh peradangan pada lapisan tengah mata (uveitis) atau cedera pada mata.

Diagnosis Glaukoma

Karena glaukoma menyebabkan saraf optik terganggu, maka diagnosis akan difokuskan pada hal tersebut. Dokter mata akan memeriksa daya penglihatan pasien melalui pupil yang melebar (dilatasi). Sebuah prosedur untuk memeriksa tekanan mata juga akan dilakukan. Prosedur ini disebut tonometri. Dokter juga akan melakukan tes lapang pandang untuk memeriksa apakah penglihatan tepi pasien telah berkurang.

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Seperti Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma ?

Mengetahui dan menyadari hadirnya gejala atau ciri-ciri penyakit glaukoma memang sangat penting. Pasalnya, dengan mengetahui gejala penyakit glaukoma, maka anda bisa segera bertindak cepat ketika mengalaminya. Hal tersebut akan sangat membantu dalam mengatasi penyakitnya, karena lebih cepat ditangani akan lebih baik, dan mungkin peluang untuk bisa sembuh pun lebih besar sebelum kondisi penyakitnya semakin parah. Dan berikut inilah beberapa gejala atau ciri-ciri dari penyakit glaukoma yang harus anda ketahui, antara lain :

  • Nyeri pada mata.
  • Sakit kepala.
  • Melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya.
  • Mata memerah.
  • Mual atau muntah.
  • Mata berkabut (khususnya pada bayi).
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali.

Itulah beberapa gejala atau ciri-ciri dari penyakit mata glaukoma yang harus anda ketahui dan anda ingat. Agar jika suatu saat anda mengalami hal yang sama dengan gejala-gejala tersebut anda bisa segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisinya dan memastikannya. Setelah itu anda bisa segera melakukan tindakan untuk mengatasinya, sebelum kondisinya bertambah parah.

Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma, – Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada mata, termasuk glaukoma, ada solusi yang tepat dan aman untuk anda pilih, yaitu Eye Care Softgel dari Green World. Produk herbal ini merupakan pilihan tepat karena sudah terbukti khasiatnya. Dan selain itu juga, kualitasnya juga sudah terjamin karena sudah terdaftar di FDA (BPOM-nya Amerika Serikat). Jadi anda tidak perlu meragukan kualitasnya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Eksim


Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma

Anda bisa PESAN OTOMATIS via WhatsApp dengan meng-klik gambar di atas !

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *