Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Alzheimer

Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Alzheimer

Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah sebuah penyakit yang sering ditemukan pada orang lanjut usia. Penyakit berupa kondisi kelainan yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara, serta berubahnya perilaku penderita akibat gangguan yang terjadi di dalam otak yang bersifat progresif atau perlahan-lahan.

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Alzheimer merupakan penyakit yang terus berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan kondisi kerusakan yang terjadi dalam otak. Gejala yang ditimbulkannya pun akan terus berkembang. Oleh karena, mari kita mengenal gejala atau ciri-ciri dari penyakit alzheimer ini !

  • Hilang Ingatan Sesaat

Salah satu yang menyebabkan seseorang mudah lupa ingatan adalah penyakit alzheimer. Pada tahap awal menderita alzheimer, pasien sering hilang ingatan sesaat. Kondisi tersebut biasanya terjadi saat melupakan percakapan yang sangat ringan. Hilang ingatan tersebut berbeda dengan hilang ingatan pada orang lanjut usia. Bahkan penderita alzheimer sampai tiba-tiba tidak bisa mengingat nama atau beberapa hal yang dekat dalam kehidupan sehari-harinya. Terkadang penderita juga sampai tidak bisa mengingat apa yang baru saja dilakukan.

  • Tidak Dapat Mengambil Keputusan

Gejala lainnya dari penyakit alzheimer adalah penderita tidak dapat mengambil keputusan untuk diri sendiri. Biasanya gejala seperti ini adalah sebuah kondisi di mana penderita tidak dapat memakai pakaian yang tepat, memakai pakaian yang terbalik, atau pakaian yang salah. Jadi penderita seperti kebingungan dan tidak dapat memilih apa yang harus dilakukannya.

  • Perubahan Suasana Hati

Tanpa alasan yang jelas, penderita alzheimer dapat mengalami perubahan suasana hati. Kondisi itu dapat terjadi ketika penderita merasakan cemas, mudah tersinggung dan marah, serta kebingungan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Seseorang Menderita Penyakit Bronkitis

  • Sulit Berkonsentrasi

Tidak hanya masalah ingatan, penderita alzheimer juga bermasalah dalam berkonsentrasi. Penderita sering kali kesulitan untuk berkonsentrasi. Mereka biasanya akan menunjukkan gejala tersebut ketika melakukan pekerjaan yang rutin, yang sudah biasa dilakukan. Bahkan mereka bisa mengalami frustasi.

  • Sulit Berkomunikasi

Gejala lainnya dari penyakit alzheimer adalah kesulitan berkomunikasi. Gejala tersebut merupakan gejala yang paling sering terjadi. Gejala tersebut contohnya, penderita awalnya merasa ingin berkata atau berbicara sesuatu, namun tiba-tiba lupa apa yang akan diucapkannya. Pada akhirnya sering kali mereka jadi salah berucap atau salah berbicara.

  • Sering Kali Tidak Mengenali Waktu

Penderita alzheimer juga sering kali merasa tidak sadar waktu yang tengah mereka jalani, mereka mengira bahwa waktu itu siang, padahal sudah malam. Mereka juga sering kali tidak sadar berapa lama waktu yang telah dilalui. Misalnya, ketika keluar selama lima menit, mereka malah mengira sudah lima jam.

  • Gangguan Penglihatan

Penderita alzheimer juga sering mengalami gangguan penglihatan yang ditandai dengan berbagai kebingungan. Mereka biasanya tidak dapat melihat warna dengan benar, atau kesulitan membaca. Bahkan penderita juga bisa mengalami gangguan visual, yakni ketika mereka bercermin, mereka merasa bukan dirinya yang terlihat dalam bayangan cermin.

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

  • Melakukan Kegiatan Berulang-ulang

Penderita Alzheimer juga akan sering melakukan berbagai kegiatan yang berulang-ulang. Mereka bisa membuka pintu dan menutup berulang kali, berjalan mondar-mandir, pergi ke ruangan-ruangan yang terus menerus dan tingkah laku lain. Hal ini terjadi karena mereka merasa perlu bergerak dan ingin terlihat sibuk.

  • Kehilangan Fungsi Motorik

Jika penyakit alzheimer menyerang usia muda, salah satu gejalanya adalah gangguan fungsi motorik. Penyakit ini bahkan dapat membuat penderitanya tidak dapat melakukan hal yang ringan, seperti mengikat tali sepatu, mengancingkan baju, atau menggunakan berbagai perlengkapan. Hal tersebut dikarenakan adanya gangguan fungsi motorik.

  • Paranoid

Paranoid atau ketakutan berlebihan juga menjadi gejala penyakit alzheimer. Kondisi itu disebabkan perasaan mereka yang mencurigai ada tindakan jahat dari orang sekitar. Mereka bahkan merasa paranoid dari berbagai sudut, seperti penglihatan, prasangka dan pikiran. Bahkan mereka bisa saja sampao takut dengan keluarga.

Itulah beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit alzheimer. Masih banyak sebenarnya ciri-ciri penyakit alzheimer ini, namun yang pasti gejala penyakit alzheimer ini cukup berkaitan satu sama lainnya. Jadi, Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Alzheimer sangat penting, agar anda bisa mewaspadai kehadiran penyakit yang satu ini.

Baca Juga : Waspadai Ciri-Ciri Kanker Serviks Berikut Ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *