Seperti Apa Ciri-Ciri Penyakit Liver? Simak Berikut Ini!

Seperti Apa Ciri-Ciri Penyakit Liver? Simak Berikut Ini!

Penyakit liver merupakan istilah yang digunakan saat hati mengalami gangguan. Seperti Apa Ciri-Ciri Penyakit Liver? Simak Berikut Ini! Yang akan membahas mengenai ciri-ciri awal dari penyakit liver yang harus anda ketahui dan harus anda waspadai.

Seperti Apa Ciri-Ciri Penyakit Liver? Simak Berikut Ini!

Apa sih penyakit liver itu sebenarnya? Penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol. Seiring waktu, kerusakan hati akan berdampak pada luka di jaringan atau sirosis, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi hati, di mana kondisi ini sangat mengancam jiwa.

Hati sendiri adalah organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh manusia. Ogran ini berukuran seperti bola, letaknya berada tepat di bawah tulang rusuk di perut kanan atas anda. Organ ini terdiri dari 2 bagian, yakni lobus kiri dan lobus kanan. Organ ini memiliki peranan penting untuk mencerna makanan, menyingkirkan tubuh dari zat beracun, serta menyimpan cadangan energi bagi tubuh untuk digunakan bila diperlukan.

Dengan peranannya yang sangat penting dalam tubuh manusia, tentu bila ada gangguan pada organ hati akan menjadi masalah yang cukup serius, termasuk penyakit liver. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri atau gejala dari penyakit ini, agar kehadirannya bisa dideteksi sehingga bisa segera ditangani sebelum terlambat.

Dan berikut ini adalah ciri-ciri awal penyakit liver yang perlu anda ketahui dan harus anda waspadai, di antaranya adalah :

  • Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan salah satu ciri-ciri umum yang dapat terjadi pada penderita penyakit liver. Gejala ini terjadi setelah anda mengonsumsi makanan. Gejala ini pun dapat terjadi saat perut anda tidak terisi makanan sekalipun.

  • Nafsu makan menurun

Apabila anda merasakan bahwa nafsu makan tidak seperti biasanya dan bahkan sering tidak nafsu makan, anda perlu curiga terhadap kondisi ini khususnya jika di hari biasa nafsu makan anda cukup besar. Nafsu makan yang menurun memang tidak melulu dianggap sebagai gejala dari penyakit liver, tapi kemungkinan tetap selalu ada, apalagi jika anda menemukan kejanggalan awal lainnya.

  • Nyeri perut

Ciri-ciri penyakit liver lainnya adalah nyeri perut. Nyeri perut itu menyerang bagian atas. Saat anda merasakan nyeri perut bagian atas bisa jadi hati anda mengalami masalah seperti pembengkakan. Pembengkakan hati akan membuat penderitanya merasakan nyeri perut bagian atas.

  • Perut buncit dan keras

Inilah salah satu faktor yang membuat nafsu makan menurun, yaitu perut yang tiba-tiba membuncit dan bahkan saat ditekan pun akan terasa keras. Pemicunya adalah adanya pembengkakan di bagian hati yang kemudian terjadi penekanan berat yang ada di bagian diafragma. Pembengkakan ini terjadi disebabkan oleh cairan empedu yang menumpuk, akibat kinerja liver yang terganggu. Penekanan berat di bagian diafragma yang menjadikan rasa sakit muncul saat mengambil napas dan menghela napas. Kontraksi pada bagian hati harus diwaspadai dan periksakan ke dokter apabila sudah ada gejala semacam ini.

  • Perut terasa penuh

Penderita liver biasanya akan merasakan perutnya terasa penuh. Hal itu akibat penumpukan cairan yang telah terjadi di perut dan pembengkakan di hati yang membuat perut terasa penuh. Gejala ini jika tidak diperhatikan dengan baik bisa membuat orang salah kaprah. Mungkin gejala ini akan dikira sebagai penyakit maag. Oleh karena itu, anda perlu mencermati setiap gejala yang anda rasakan. Jika anda merasakan perut terasa penuh padahal perut belum terisi apapun, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk dikonsultasikan.

  • Berat badan menurun

Berat badan menurun jelas bukan hal yang aneh, karena seperti disebutkan sebelumnya, penderita liver akan mengalami penurunan nafsu makan. Penderita liver memang banyak yang berat badannya menurun secara drastis. Hal itu akibat kebutuhan tubuh akan makanan dan minuman tidak tercukupi dengan baik.

  • Mudah lelah

Penderita liver juga mudah lelah, karena penurunan kadar gula secara drastis di dalam tubuhnya membuat diri penderita liver mudah lelah, lesu dan tidak bersemangat. Penyebabnya adalah ketika saluran pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik, dia tidak mampu memecah glukosa yang ada di dalam darah, sehingga menyebabkan tubuh mengalami penurunan glukosa. Kondisi tersebut juga diperparah dengan menurunnya nafsu makan. Ketika nafsu makan berkurang, maka asupan glukosa yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang, sehingga tubuh akan lesu, lemas dan lunglai.

  • Warna urin berubah

Ketika anda mendapati warna urin anda tidak seperti biasanya, maka itu bisa menjadi pertanda ada masalah yang terjadi dengan kesehatan anda, salah satunya adalah penyakit liver. Penyakit liver ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah virus dan juga bakteri. Nah, virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit liver bisa membuat penderita liver akan mengalami urin yang berwarna keruh. Hal itu menjadi pertanda bahwa organ hati bekerja dengan tidak baik.

  • Tinja berwarna pucat atau bahkan bercampur darah

Tinja berwarna cokelat atau bahkan bisa bercampur dengan darah pada penderita liver. Itu terjadi ketika saluran pencernaan mengalami masalah. Saluran pencernaan tidak memiliki cairan empedu untuk memecah lemak dan memecah makanan. Dan hal itulah yang menyebabkan tinja berwana pucat bahkan bisa bercampur dengan darah.

  • Tubuh menjadi kuning

Pada banyak kasus, penyakit liver sering menyebabkan tubuh penderitanya menjadi kuning. Di mana bagian tubuh yang menguning di antaranya adalah kulit dan putih mata. Ini menjadi ciri-ciri penyakit liver yang mudah dikenali. Dan penyebab tubuh menguning sendiri adalah kadar bilirubin hati yang tinggi. Bilirubin sendiri adalah zat sisa yang bisa dihasilkan ketika terjadi penguraian sel darah merah.

  • Kulit terasa gatal

Penderita liver biasanya akan merasakan gatal, namun berbeda dengan gatal pada umumnya. Di mana penderita liver akan merasakan gatal-gatal setiap hari dan tidak akan pernah hilang sepanjang waktu. Gatal pada penderita liver sendiri disebabkan oleh peningkatan dan penumpukan kadar bilirubin yang sudah sampai ke kulit.

Dan masih banyak lagi ciri-ciri penyakit liver yang harus anda ketahui dan harus anda waspadai, di antaranya adalah :

  • Buang air besar tidak lancar.
  • Sering buang air kecil.
  • Perubahan suasana hati.
  • Gangguan pencernaan.
  • Perut kembung.
  • Kuku menjadi melengkung.
  • Mudah memar.
  • Kerusakan kulit.
  • Sakit kepala.
  • Bau badan.
  • Bau mulut.
  • Anemia.
  • Dehidrasi.
  • Mimisan.
  • Diare.
  • Keputihan.

Itulah ciri-ciri atau gejala dari penyakit liver yang harus anda waspadai. Dan demikian pembahasan mengenai “Seperti Apa Ciri-Ciri Penyakit Liver? Simak Berikut Ini!”. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu.

Posted by : Admin CARA MENGHILANGKAN BERCAK PUTIH

 

Baca artikel menarik lainnya :

Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!
Ladies, Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Endometriosis Berikut Ini!
Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?
Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?
Waspadalah Dengan Ciri-Ciri Penyakit Tumor Otak!
Waspadalah Dengan Ciri-Ciri Penyakit Tumor Otak!
Ternyata Diabetes Juga Bisa Mempengaruhi Vitiligo
Ternyata Diabetes Juga Bisa Mempengaruhi Vitiligo
Apakah Kista Ovarium Bisa Berubah Menjadi Kanker?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *