Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?

Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?

Anda harus tau Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu? Sebab dengan begitu, anda bisa sigap saat mengalami hal serupa dengan ciri-ciri penyakit tersebut dengan langsung memeriksakannya ke dokter agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk itu, simak pembahasannya berikut ini!

Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?

Mengetahui ciri-ciri penyakit hepatitis memang sangat penting bagi semua orang. Karena penyakit ini memang menjadi sebuah ancaman bagi siapapun. Bayi, remaja, dewasa, orang tua, pria maupun wanita, semua bisa terkena penyakit hepatitis.

Hepatitis seringkali menjadi penyakit kronis karena tidak adanya penanganan terhadap gejala-gejala awal dikarenakan kurangnya pengetahuan akan gejala dan juga bahaya hepatitis. Padahal dengan mengetahu gejalanya, kita dapat mendeteksi kemunculan penyakit ini sejak dini, dan bisa segera melakukan tindakan penanganan yang tepat. Pengobatan hepatitis sejak dini membuat potensi kesembuhan dan kebal terhadap virus hepatitis sangat besar.

Minimnya pendidikan atau penyuluhan tentang penyakit hepatitis membuat orang acuh. Hal itu jelas sangat disayangkan, karena dalam dunia medis, hepatitis dikenal sebagai cikal-bakal dari berbagai penyakit hati seperti sirosis dan kanker hati. Virus hepatitis pun merupakan 1 dari 7 virus yang paling berbahaya di dunia.

Nah untuk itu, mari kita mengenal seperti apa ciri-ciri penyakit hepatitis itu. Seperti inilah ciri-ciri penyakit hepatitis yang harus anda ketahui, di antaranya :

  • Nyeri di ulu hati

Aktivitas virus yang terus menyerang hati membuat potensi hati mengalami luka dan infeksi semakin besar. Ketika virus mulai membuat kerusakan dan melukai hati, maka hati akan terasa nyeri.

  • Mudah lelah

Ketika virus hepatitis menyerang, maka tubuh akan berusaha semaksimal mungkin mengalahkan virus tersebut agar tidak sampai membuat kerusakan pada organ hati. Selain itu, cadangan energi akan digunakan untuk terus meningkatkan sistem imun. Kondisi tesebut membuat penderita hepatitis cepat kehabisan tenaga dan mudah lelah.

  • Mual

Ketika virus hepetitis menyebabkan infeksi pada organ hati, empedu yang merupakan organ paling dekat dengan hati akan terganggu dan memicu produksi asam lambung yang berlebih. Akibatnya, dapat memicu rasa mual dan pusing.

  • Muntah

Mual yang terjadi terus menerus akan membuat penderita hepatitis muntah-muntah. Tapi berbeda dari muntah pada umumnya di mana yang dimuntahkan adalah makanan atau minuman. Sementara muntah karena hepatitis memiliki aroma menyengat dan warna kekuningan mirip cairan empedu dan asam lambung. Bahkan jika sudah parah yang dimuntahkan bisa jadi darah.

  • Nafsu makan berkurang

Kondisi pencernaan yang tidak kondusif membuat penderita hepatitis tidak nafsu makan. Kemudian rasa lemas akan memperburuk kondisi ini sehingga penderita semakin tidak bernafsu untuk makan. Padahal asupan makanan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan energi untuk membantu melawan penyakit hepatitis yang tengah menyerang.

  • Kulit, kuku, dan bola mata berwarna kuning

Jaundice atau penyakit kuning adalah tanda paling khas dari penyakit hepatitis. Jika racun hepatitis sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh, maka bisa terjadi kegagalan hati dalam menjalankan fungsi menetralisir racun benar-benar parah. Seluruh racun yang seharusnya dicegah menyebar telah merata di seluruh pembuluh darah sehingga mengubah warna alami kulit, kuku, bahkan bagian putih pada mata. Kondisi seperti ini menandakan tingkat hepatitis sudah menghawatirkan.

  • Perut membusung

Jika virus hepatitis mengakibatkan kerusakan organ hati yang menghasilkan infeksi, maka organ hati akan luka dan membengkak. Pembengkakan hati ini akan membuat perut kanan atas jadi terlihat membusung dan berwarna kekuningan hingga terlihat garis pembuluh darah. Produksi cairan-cairan pencernaan seperti empedu dan asam lambung juga membuat perut sangat membusung sedangkan tubuh penderita kurus.

  • Urin berwarna gelap dan pekat

Hati merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi. Dan urin adalah salah satu zat-zat yang harus dikeluarkan. Urin orang yang sehat harusnya berwarna kuning kecoklatan jernih dan encer seperti air. Namun infeksi virus yang menimbulkan masalah pada organ hati membuat hati tidak mampu memfilter, sehingga ada zat-zat yang ikut dikeluarkan bersama urin. Akibatny urin menjadi pekat dan berwrna gelap.

  • Feses keras

Penderita hepatitis umumnya akan mengalami masalah pencernaan, salah satunya adalah fesesnya bertekstur sangat keras. Komplikasi masalah ekskresi dan pencernaan serta mungkin pengaruh dari obat-obatan yang dikonsumsi dapat menjadi penyebab feses penderita hepatitis menjadi keras.

  • Pusing

Saat organ hati mengalami kerusakan, maka racun yang harus dinetralkan hati akan terus terikut di dalam darah. Darah yang mengandung racun dan zat-zat berbahaya terus beredar ke seluruh tubuh. Ketika sampai di kepala, darah tersebut akan membuat rangsangan pada sistem saraf di kepala yang dianggap sebagai masalah. Akibatnya akan merasa pusing atau sakit kepala.

Sementara itu ciri-ciri atau gejala lainnya yang sering muncul dari penyakit hepatitis ini di antaranya adalah :

  • Berat badan menurun.
  • Nyeri di persendian.
  • Nyeri otot.
  • Diare.
  • Luka sulit kering.
  • Gangguan penglihatan.
  • Muncul ruam di kulit.
  • Kaki dan tangan bengkak tanpa sebab.
  • Gejala menyerupai sakit flu.
  • Anemia.
  • Mudah memar.
  • Depresi.

Jadi, Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu? Semuanya sudah disampaikan dalam bahasan di atas. Nah, jika anda mengalami hal serupa dengan gejala atau ciri-ciri hepatitis di atas, segera anda periksakan ke dokter untuk memastikannya, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat juga.

Semoga informasinya bermanfaat dan membantu, aamiin.

Posted by : Admin CARA MENGHILANGKAN BERCAK PUTIH

 

Baca artikel menarik lainnya :

Waspadalah Dengan Ciri-Ciri Penyakit Tumor Otak!
Waspadalah Dengan Ciri-Ciri Penyakit Tumor Otak!
Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Leukimia Pada Anak?
Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Leukimia Pada Anak?
Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah?
Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah?
Ciri-Ciri Seseorang Menderita Penyakit Bronkitis
Ciri-Ciri Seseorang Menderita Penyakit Bronkitis
Adakah Makanan yang Bisa Menyebabkan Kista Ovarium?

One Reply to “Seperti Apakah Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis Itu?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *