Seperti Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium? Ini Dia

Seperti Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium? Ini Dia

Kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu sekali bagi wanita. Seperti Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium? Ini Dia bisa kita simak bersama-sama dalam pembahasan berikut ini!

Mengenal Terlebih Dahulu Apa Itu Kista Ovarium

Seperti Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium? Ini Dia

Kista ovarium adalah sejenis penyakit yang menyerang berupa kantung kecil yang berisi cairan dan kemudian berkembang di dalam ovarium (indung telur) wanita. Umumnya dapat menimbulkan masalah antara lain  nyeri haid, kista pecah, perdarahan, hingga penyakit serius, seperti terlilitnya batang ovarium, gangguan kehamilan, infertilitas dan bahkan kanker endometrium. Lalu seperti apa ciri-ciri kista ovarium ini? Berikut ini daftarnya.

  • Nyeri panggul

Nyeri panggul atau nyeri punggung bagian bawah adalah salah satu gejala atau ciri-ciri penyakit kista ovarium yang biasa terjadi. Saat gejala ini terjadi, biasanya kista ovarium sudah tumbuh menekan area sekitarnya sehingga menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat. Namun jika kista ovarium masih utuh, maka nyeri yang timbul biasanya ringan.

  • Perut membesar

Perut yang membesar memang dapat terjadi akibat timbunan lemak. Tapi selain itu, perut yang membesar juga dapat disebabkan oleh hal lain, termasuk kista ovarium. Kista ovarium yang tumbuh besar menyita ruang di perut dan menyebabkan perut terasa ditekan dan terasa penuh, sehingga terlihat bengkak dan mengembung. Gejala ini sering kali diabaikan wanita, karena perut bengkak umumnya hal biasa akibat salah pencernaan atau makan terlalu banyak.

Jika perut membesar hingga lebih dari 3 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Nyeri saat berhubungan seksual

Kista ovarium tumbuh di bagian tubuh yang ‘padat’, sehingga tekanan yang dihasilkan menyebabkan nyeri hebat di area perut atau panggul. Akibatnya, jika ukuran kista ovarium semakin membesar, maka penetrasi yang paling minim sekalipun akan terasa nyeri atau menyakitkan. Gejala ini sangat perlu diwaspadai oleh para wanita, karena ini juga bisa menjadi pertanda kanker ovarium. Sebaiknya segera periksakan ke dokter jika mengalami gejala seperti ini.

  • Sering buang air kecil

Ciri-ciri kista ovarium lainnya adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat atau sering merasa ingin buang air kecil. Hal ini dikarenakan membesarnya kista ovarium turut menekan kandung kemih sehingga mengurangi kapasitas penampungannya. Saat buang air kecil pun penderitanya mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengosongkan kandung kemihnya, sehingga rasanya buang air kecil tidak bisa tuntas. Gejala ini bisa juga disertai rasa sakit dan sensasi terbakar.

  • Menstruasi tidak normal

Tiba-tiba mengalami menstruasi tidak normal, menstruasi yang sangat menyakitkan, dan menstruasi yang mengeluarkan banyak darah juga bisa jadi gejala atau ciri-ciri kista ovarium. Selain itu, nyeri panggul bisa dirasakan sebelum atau sesudah menstruasi. Pendarahan hebat dapat memicu anemia.

  • Sakit saat buang air besar

Ciri-ciri kista ovarium selanjutnya adalah sakit saat buang air besar atau BAB. Nyeri yang datangnya tiba-tiba tersebut terjadi karena kista ovarium yang besar menekan lambung, usus, dan juga saluran kemih. Jika sakit yang dirasakan tidak kunjung hilang, sering, dan datang tiba-tiba, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Mual atau muntah

Mual atau muntah mungkin menjadi hal biasa apalagi saat hamil, yang diketahui karena morning sickness. Tapi ternyata, mual muntah juga bisa disebabkan adanya kista ovarium. Sayangnya, mual atau muntah ini seringkali merupakan gejala yang menunjukkan kista ovarium ruptur atau pecah. Gejala ini terjadi jika cairan dari kista masuk ke dalam perut mengiritasi lapisan dinding peritoneum, sehingga menyebabkan radang yang kemudian menimbulkan sensasi mual, dan beberapa wanita juga mengalami muntah.

  • Pendarahan

Ketika kista ovarium pecah, dan darah atau sisa cairan kista tersebut tadi masuk ke dalam perut, itu dapat keluar dari tubuh melalui vagina. Tapi karena kista ovarium sering kali pecah saat menstruasi, maka para wanita kebanyakan tidak menyadarinya dan menganggapnya sebagai darah menstruasi biasa. Namun jika pendarahan vagina disertai dengan nyeri panggul yang hebat, maka kemungkinan itu gejala kista ovarium, dan sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Payudara sensitif

Selain gejala mual dan muntah, penderita kista ovarium juga bisa mengalami gejala payudara sensitif seperti saat sedang hamil. Gejala seperti ini dapat disertai dengan menstruasi yang tidak teratur. Kista ovarium dapat muncul karena perubahan hormon dalam tubuh, dan perubahan hormon dalam tubuh juga dapat menyebabkan payudara sensitif.

  • Gangguan makan

Wanita yang menderita kista ovarium biasanya juga mengalami gangguan makan. Gejalanya bisa berupa berkurangnya nafsu makan, atau mudah kenyang meski makan sedikit. Hal itu terjadi karena jika kista ovarium berukuran besar, maka akan memengaruhi proses pencernaan karena tidak tersedia lagi ruang yang cukup untuk menampung makanan, sehingga nafsu makan jadi berkurang. Gejala seperti ini bahkan bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih serius, seperti kanker ovarium.

Seperti Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium? Ini Dia seperti sudah dijelaskan di atas. Jadi, bagi para wanita yang mengalami gejala-gejala seperti disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikannya. Dan waspadai komplikasi yang bisa ditimbulkan dari penyakit kista ovarium ini. Untuk itu, segera lakukan penanganan kista ovarium sebelum terlambat!

Posted by : Admin CARA MENGHILANGKAN BERCAK PUTIH

 

Baca artikel menarik lainnya :

One Reply to “Seperti Ciri-Ciri Penyakit Kista Ovarium? Ini Dia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *