Seperti Inilah Ciri-Ciri Penyakit Gondok

Ciri-Ciri Penyakit Gondok

Anda mungkin sudah mengenal apa itu Penyakit Gondok. Penyakit yang menyerang kelenjar tiroid ini merupakan penyakit yang cukup serius. Selain karena gejala yang ditimbulkan cukup mengganggu, penyakit gondok ini juga berisiko berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenali seperti apa gejala atau ciri-ciri penyakit gondok ini, agar bisa mendeteksi kemunculannya dan bisa segera melakukan tindakan penanganan lebih dini sebelum terlambat.

Seperti Inilah Ciri-Ciri Penyakit Gondok

Penyakit gondok adalah kondisi di mana kelenjar tiroid mengalami pembengkakan. Kelenjar tiroid sendiri adalah organ yang terletak tepat di bawah jakun berbentuk seperti kupu-kupu. Kelenjar ini memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh.

Lalu seperti apa ciri-ciri penyakit gondok ini ?

  • Benjolan pada Leher

Gejala atau ciri-ciri penyakit gondok yang paling umum adalah benjolan di leher yang menandakan adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid. Terdapat benjolan di leher lantaran kelenjar tiroid sendiri memang terletak di leher, seperti yang telah disebutkan tadi, yakni lebih tepatnya di bawah jakun. Benjolan di leher tersebut bisa berukuran kecil dan bisa juga besar. Namun penyakit gondok yang tergolong belum parah biasanya hanya akan menyebabkan benjolan kecil di leher. Sedangkan jika penyakit gondoknya sudah parah, maka benjolan di leher akan semakin besar.

  • Sakit Tenggorokan

Jika benjolan di leher akibat penyakit gondok berukuran besar, maka biasanya akan menimbulkan gangguan pada kinerja tubuh, salah satunya adalah sakit tenggorokan, yang notabene memiliki kaitan erat dengan leher. Kondisi tersebut terjadi karena adanya tekanan dari kelenjar tiroid yang membengkak besar sehingga tenggorokan akan semakin sempit dan menimbulkan rasa sakit.

  • Sakit Saat Menelan

Tidak hanya sakit tenggorokan saja, benjolan besar di leher akibat penyakit gondok juga secara tidak akan menyebabkan penderita gondok merasakan sakit saat menelan atau sulit menelan. Kondisi itu juga sering menyebabkan penderita gondok yang sudah parah mengalami penurunan nafsu makan yang cukup signifikan. Jika tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami penurunan berat badan.

Baca Juga : Obat Yang Ampuh Menghilangkan Singkayo Sampai Tuntas

  • Rasa Nyeri Saat Mengunyah Makanan

Kelenjar tiroid yang membengkak juga akan mengakibatkan otot-otot yang ada di sekitar leher menjadi tegang. Akibatnya, saat mengunyah makanan akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Rasa sakit dan nyeri bahkan bisa terasa meskipun tidak sedang mengunyah makanan, mulut akan terasa tegang dan nyeri.

  • Terjadi Perubahan Suara

Akibat adanya tekanan di leher dan tenggorokan, menyebabkan pita suara jadi terganggu, dan suplai udara yang masuk ke tenggorokan menjadi terbatas. Hal tersebut biasanya akan membuat penderita gondok mengalami perubahan suara. Suara biasanya berubah menjadi lebih serak.

  • Kenaikan Suhu Tubuh

Penyakit gondok yang parah juga akan menyebabkan kenaikan suhu tubuh pada penderitanya, terutama di malam hari. Hal itu karena produksi hormon tiroid terganggu akibat pembengkakan yang terjadi pada kelenjar tiroid. Padahal hormon tiroid berperan penting dalam keberlangsungan berbagai macam proses kimia di dalam tubuh. Jika proses kimiawi di dalam tubuh terganggu, maka kinerja organ tubuh juga akan terganggu, sehingga menyebabkan kenaikan suhu tubuh.

  • Keringat Berlebih

Ketika tubuh kekurangan iodin dalam jumlah yang tinggi, maka tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih. Hal itu terjadi pada penderita gondok, karena tubuh mereka kekurangan iodin yang juga menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid.

  • Tubuh Cepat Lelah

Kekurangan iodin merupakan kekurangan nutrisi, hal itu menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak bugar. Akibatnya, tubuh menjadi cepat lelah. Kekurangan iodin juga menyebabkan denyut jantung menjadi lemah, sehingga aliran darah pun menjadi lemah, yang berakibat pada proses penyebaran nutrisi makanan dan oksigen melalui aliran darah menjadi terganggu. Dan kondisi denyut jantung yang lemah juga akan menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, sehingga penderita gondok mungkin akan mengalami berbagai macam gejala darah rendah seperti cepat lelah, tubuh lemas, dan mudah mengantuk.

  • Telinga Berdengung

Tekanan yang disebabkan oleh pembengkakan pada kelenjar tiroid bisa menjalar hingga ke bagian telinga. Akibatnya, otot-otot di telinga menjadi tegang dan tertekan, sehingga dapat menimbulkan gejala telinga berdengung.

Gangguan pada kelenjar tiroid juga akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh jadi lemah. Kondisi tersebut akan menyebabkan munculnya gejala demam dan juga sakit kepala. Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh komplikasi tekanan darah rendah akibat kekurangan iodin. Pasalnya, suplai darah dan oksigen yang menuju ke otak juga kurang lancar sehingga menyebabkan sakit kepala.

Itulah beberapa gejala atau ciri-ciri penyakit gondok. Jika anda mengalami hal yang serupa dengan gejala-gejala tersebut, segera periksakan ke dokter untuk memeriksakannya. Setelah itu, segera lakukan tindakan untuk mengatasinya, sebelum kondisinya bertambah parah.

Seperti Inilah Ciri-Ciri Penyakit Gondok, – Untuk mengatasi penyakit gongok, ada solusi yang tepat untuk anda pilih, yaitu obat herbal Ace Maxs. Produk herbal ini merupakan pilihan tepat karena sudah terbukti khasiatnya. Selain itu, kualitasnya juga sudah terjamin karena sudah terdaftar di BPOM RI dan juga DEPKES RI. Jadi anda tidak perlu meragukan kualitasnya.



Anda bisa PESAN OTOMATIS via WhatsApp dengan meng-klik gambar di atas !

Baca Juga :

Mengenal Bagaimana Ciri-Ciri Penyakit Glaukoma

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bocor Berikut Ini !

Cara Menghilangkan Penyakit Kulit Eksim

Search Term: Seperti Inilah Ciri-Ciri Penyakit Gondok, Ciri-Ciri Penyakit Gondok, Gejala Penyakit Gondok, Tanda-Tanda Penyakit Gondok, Bahaya Penyakit Gondok, Leher Bengkak, Benjolan Di Leher, Gondok Beracun

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *