Ternyata Diabetes Juga Bisa Mempengaruhi Vitiligo

Ternyata Diabetes Juga Bisa Mempengaruhi Vitiligo

Apa benar diabetes bisa menyebabkan vitiligo?? Apa hubungannya diabetes dengan vitiligo?? Lantas apa sebenarnya penyakit vitiligo itu??

Ternyata Diabetes Juga Bisa Mempengaruhi Vitiligo

Vitiligo adalah sebuah gangguan autoimun pada kulit di mana melanosit (sel penghasil pigmen kulit) mengalami kerusakan, membentuk dan mengarah ke pengembangan warna bercak putih pada kulit. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa vitiligo berkembang pada pasien diabetes melitus tipe 1.

Baca Juga : Seberapa Besar Peran Genetik Pada Terjadinya Vitiligo??

Vitiligo terjadi akibat sistem kekebalan tubuh terlalu aktif dalam bereaksi, menganggap asing terhadap sel melanosit dan menyerang sel tersebut hingga merusaknya. Namun apakah vitiligo yang terjadi pada penderita diabetes adalah tanggung jawab penyakit diabetes?? Ada pendapat dan penelitian lain, bahwa diabetes melitus pada penderita vitiligo berkisar antara 1-7%, dan mungkin penyakit vitiligo lebih dulu mendera sebelumnya diabetes mellitus.

Keterkaitan antara diabetes dan vitiligo memang bukan sebuah hal yang aneh, karena keduanya adalah penyakit autoimun. Vitiligo merupakan masalah kulit yang lebih sering dikaitkan dengan diabetes tipe 1 dibandingkan diabetes tipe 2. Vitiligo dapat mempengaruhi kulit tubuh mana saja, dada, tangan, leher, wajah, dan bahkan kulit kemaluan.

Diabetes melitus jangka lama dapat menyebabkan cedera melanosit yang menghasilkan pelepasan zat antigenik, pembentukan antibodi antimelanocyte, penghambatan melanogenesis, dan menyebabkan vitiligo. Vitiligo terjadi pada melanoma maligna setelah adanya stimulasi dari sistem kekebalan tubuh yang menyimpang dan merusak melanosit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Penyebab vitiligo sebenarnya belum diketahui dengan pasti. Namun para ilmuwan telah menggolongkan beberapa penyebab terjadinya vitiligo yang juga berkaitan dengan diabetes, diantaranya :

> Gangguan Autoimun

Vitiligo dan diabetes adalah sama-sama keduanya penyakit autoimun, sehingga keduanya memiliki keterkaitan. Vitiligo dikaitkan dengan penderita diabetes tergantung insulin. Ini memberikan bobot lebih lanjut untuk teori bahwa Vitiligo adalah penyakit autoimun dimana tubuh menyerang melanosit.

> Komplikasi Neuropati Diabetes

Sebuah penemuan riwayat komplikasi neuropati diabetes mengungkapkan adanya penyusutan aksonal, fragmentasi, dan degenerasi yang kemudian mengembangkan vitiligo pada diabetes.

> Warisan Genetika

Vitiligo pada diabetes merupakan faktor risiko umum dari warisan genetik atau keluarga. Diabetes sering ditemukan pada kerabat dekat dari penderita vitiligo. Pola pewarisan diabetes dan vitiligo dianggap dominan autosomal dengan penetrasi yang variabel.

Sementara gejala vitiligo pada diabetes melitus sama saja dengan penyakit vitiligo pada umumnya, tidak ada yang membedakan.

Semoga informasinya dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, aamiin…

Sumber: www.diabetics1.com

Baca Juga : Cara Tepat Membersihkan Kulit Berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *