Waspadai Ciri-Ciri Kanker Serviks Berikut Ini !

Waspadai Ciri-Ciri Kanker Serviks Berikut Ini !

Waspadai Ciri-Ciri Kanker Serviks Berikut Ini !

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya. Penyakit ini menempati peringkat ke-3 sebagai penyakit kanker yang banyak terjadi dan banyak menyebabkan kematian. Bahkan di Indonesia sendiri, kanker serviks selalu muncul setidaknya 40-45 kasus baru, di mana 20-25 diantaranya menyebabkan kematian setiap harinya.

Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih

Dengan tingkat keganasannya seperti itu, kanker serviks pun menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap wanita di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Angka penderita dan kematian yang cukup tinggi pada penyakit kanker serviks tersebut sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Pasalnya, kanker serviks ini sulit terdeteksi pada tahap awal, karena jarang menimbulkan gejala yang berarti. Sampai setelah sel kanker melakukan invasi ke dalam jaringan yang lebih dalam hingga menyebar ke jaringan atau organ sekitarnya, maka beberapa gejala biasanya baru akan muncul. Dan berikut ini adalah beberapa gejala yang merupakan ciri-ciri dari penyakit kanker serviks, antara lain :

  • Muncul flek atau pendarahan di luar menstruasi. Bercak darah atau pendarahannya biasanya ringan, dan ini merupakan gejala awal yang patut anda curigai. Meskipun memang tidak semua pendarahan di luar menstruasi menjadi gejala kanker serviks. Hanya saja anda memang harus waspada terhadap penyakit kanker serviks ini.
  • Mengalami menstruasi yang lebih lama dari biasanya. Kondisi ini patut anda waspadai, karena bisa jadi ketika menstruasi anda lebih lama dari biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada rahim. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.
  • Ketika menstruasi, darah yang keluar lebih banyak dari biasanya. Kondisi tersebut juga patut untuk anda waspadai, karena darah menstruasi yang lebih banyak dari biasanya bisa menjadi pertanda adanya penyakit kanker serviks. Jadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikannya. Baca Juga : Kenalilah Ciri-Ciri Penyakit Vitiligo !
  • Mudah mengalami pendarahan pada vagina atau pada rahim, misalnya mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual, atau mengalami pendarahan saat melakukan pemeriksaan panggul dengan memasukkan alat ke jalan lahir. Hal ini patut diwaspadai sebagai tanda-tanda kanker serviks, karena ketika serviks mengalami suatu perubahan menjadi ganas, maka jaringan tersebut akan menjadi rapuh dan mudah berdarah.
  • Sering merasakan nyeri pada saat berhubungan seksual. Penyebabnya tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, bahwa ketika serviks mengalami keganasan, maka akan lebih sensitif karena proses peradangan dan kematian sel. Sehingga akan mudah terasa nyeri ketika tersentuh.
  • Nyeri juga akan terasa di sekitar panggul. Gejala ini sering tidak terduga, dan penyebabnya juga sama, yaitu nyeri di sekitar panggul terjadi akibat proses peradangan pada serviks.
  • Mengalami pendarahan pasca menopause. Padahal, jika seorang wanita sudah memasuki masa menopause, maka tidak ada lagi darah haid. Oleh karenya, jika terjadi pendarahan setelah masa tersebut, maka patut diwaspadai. Bisa jadi itu merupakan pertanda adanya masalah yang serius berkaitan dengan rahim anda.
  • Mengalami keputihan yang tidak biasa. Bisa berupa lendir-lendir, bisa bercampur dengan nanah, atau bahkan bisa juga bercampur darah kotor.
  • Kehilangan nafsu makan. Kondisi ini memang sering terjadi pada hampir semua jenis kanker, dan salah satunya adalah pada kanker serviks. Hal ini dikarenakan zat-zat toksin yang dihasilkan oleh sel kanker. Jadi patut diwaspadai juga ketika anda kehilangan nafsu makan.
  • Mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis tanpa penyebab yang jelas. Kondisi ini juga bisa menjadi pertanda kanker jenis lainnya. Baca : Cara Menghilangkan Bercak Putih
  • Kelelahan yang berlebihan atau merasa lemah. Hal ini disebabkan karena kekurangan darah akibat pendarahan seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya. Atau bisa juga terjadi akibat zat-zat beracun yang dihasilkan oleh sel kanker.
  • Sakit punggung. Hal ini bisa terjadi jika kanker sudah menyebar pada tulang punggung. Oleh karena itu, jika merasakan sakit punggung tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu merupakan pertanda kanker serviks. Jadi, patut anda waspadai.
  • Nyeri atau bengkak pada kaki. Kondisi ini juga akan terjadi jika kanker sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening yang ada di lipatan paha. Itu terjadi karena aliran limfatik (getah bening) telah terhambat.
  • Keluarnya cairan urin atau feses dari jalan lahir. Kondisi ini akan terjadi jika kanker sudah menyebar hingga ke sekat yang memisahkan jalan lahir dengan jalan feses (tinja) di bagian belakang atau menyebar hingga ke sekat yang memisahkan jalan lahir dengan kandung kemih. Sekat akan menjadi rapuh dan akhirnya bocor. Oleh karena itu, feses ataupun urin bisa merembes atau bocor hingga keluar dari jalan lahir.
  • Mudah mengalami patah tulang. Kondisi ini juga akan terjadi jika kanker sudah menjalar hingga menyebabkan kanker tulang. Tulang yang terkena kanker memang akan lebih rapuh dan mudah patah meskipun hanya terkena benturan ringan.

Itulah beberapa gejala yang patut anda waspadai sebagai ciri-ciri dari penyakit kanker serviks. Oleh karena itu, waspadalah ketika anda mengalami salah satu dari beberapa gejala di atas. Karena jika anda terlambat melakukan tindakan untuk menanganinya, maka resikonya adalah kanker tersebut bisa bertambah parah dan mengancam nyawa anda.

Baca Juga : Pantangan Untuk Penderita Penyakit Vitiligo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *